Tetap Produktif dengan Memasak Pakai Resep dari Aplikasi Yummy App

Produktif atau rebahan adalah pilihan. Aku memilih untuk produktif dengan mengubah bahan, sayuran dan buah-buahan menjadi olahan makanan. Untung ada Yummy App, masak jadi lebih gampang.

8 bulan sudah aku lulus dari pendidikan S1. Kalau ada yang bilang aku ini lulusan ‘Generasi Corona’, ya tidak salah karena memang aku lulus di tengah pandemi. Hmm… Ekspektasiku setelah aku lulus adalah aku bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Tapi kenyataannya ekspektasi tidak sesuai dengan realita yang terjadi. Aku merasakan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Dari dulu aku adalah anak yang aktif dalam berbagai kegiatan. Jadi, sangat jarang aku memiliki waktu luang dan bukan anak yang terbiasa rebahan. Namun, ketika pendidikanku telah selesai dan aku belum mendapatkan pekerjaan, rasa-rasanya hari berjalan lebih lambat dan banyak sekali waktu luang yang aku miliki. Asli deh, jenuh banget rasanya dan aku benar-benar harus beradaptasi dengan kondisi seperti ini. Ditambah dengan adanya PPKM yang terus diperpanjang entah sampai kapan, membuat aku tidak bisa pergi kemana-mana. Khawatir juga karena kasus Covid-19 sedang tinggi.

Guna mengatasi kejenuhan aku berpikir untuk mencari beberapa kegiatan, agar hari-hariku tetap produktif dan waktuku tidak terbuang sia-sia.  Aku mencoba mengikuti kursus, bergabung dengan komunitas dan banyak hal lainnya.

Ibuku yang mengerti kejenuhanku sering sekali mengajak aku untuk memasak bersama menu makan siang serta cemilan. Terlebih lagi ketika pandemi dan PPKM, keluargaku mengurangi untuk membeli makanan di luar. Sehingga ibuku mengatasinya dengan membuat sendiri berbagai makanan di rumah.

Menu yang kami suka buat yaitu berbagai bolu, risoles, snack dan lainnya. Makanan-makanan yang biasanya dijadikan cemilan. Tapi tak jarang, kami membuat menu baru untuk makan siang.



"Memasak bersama ibu, menjadi momen untuk mengeratkan hubungan antara ibu dan anak. Mungkin akan menjadi momen yang paling aku rindukan, kala aku tidak tinggal bersama ibu."


BINGUNG MENENTUKAN, MASAK APA HARI INI ?

Pertanyaan yang sering sekali ibuku tanyakan kepadaku adalah, “Ka, kita mau masak apa hari ini? Atau “Ka bikin cemilan apa ya?”. Jujur kalau ditanya kaya gini aku bingung dan sering banget kehabisan ide. Terlebih aku bukan anak yang jago masak tapi suka makan. Kalau sudah seperti ini smartphone menjadi andalanku untuk mencari resep dan kreasi berbagai makanan.

Salah satu aplikasi sebagai ‘jalan ninja’ dalam menemukan resep dan ide makanan yaitu Yummy App. Hah Yummy App? Sudah tahu kan dengan aplikasi yang satu ini? Kalau belum yuk kita kenalan.

Tak Kenal Maka Ta’aruf dengan Yummy App

Sedikit cerita, bagaimana aku bis menemukan aplikasi yang bikin hari-hari ku produktif. Pada awalnya aku memang suka melihat resep makanan di media sosial. Baik di instagram, Tik Tok maupun YouTube.

Saat sedang scroll pencarian instagram, tidak sengaja aku menemukan video membuat ‘Kue Cubit Pandan’. Jajanan yag satu ini memang jajanan favorit ku ketika aku sekolah dulu bahkan hingga sekarang. Kadang aku rela antri dengan anak-anak hanya untuk membeli kue ini. Maka dari itu, aku sangat tertarik ketika melihat tutorial membuat kue ini.

Video tersebut ternyata unggahan dari akun Yummy.Idn. Akun ini mengunggah video-video terkait tutorial serta resep makanan. Aku pun mencoba mencari websitenya di google. Ketika aku telisik lebih jauh pada website www.yummy.co.id, yummy berada di bawah naungan Idn Media dengan fokus konten mengenai dunia masak memasak.

Lanjut aku mendownload aplikasi Yummy App di Google Play Store. Sebagai newbie di aplikasi Yummy App, ternyata aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh orang awam seperti aku. Konten-kontennya di jelaskan dengan menarik serta mudah dipahami. Jujur, buat aku yang ga jago masak, aplikasi ini membantu banget untuk belajar memasak dan pastinya membuat hari-hariku lebih produktif. 

Yummy Aplikasi Nan Populer dan Raih Penghargaan


Aplikasi Yummy memang sangat popular. Buktinya lebih dari 1000.000 orang telah mendownload aplikasi ini. Bahkan Yummy App mendapat rating bintang 4,7 dari 19.730 ulasan. Rata-rata penggunanya memberikan ulasan yang positif dengan bintang 5.

Tidak sampai disitu, Yummy App berhasil meraih penghargaan di ajang bergengsi Asia Digital Media Awards 2020 dengan kategori Best in Lifestyle, Sports, Entertainment Website or Mobile Services. Ajang ini diselenggarakan oleh WAN-IFRA (World Association of News Publishers.

Fitur Aplikasi Lengkap

   

Ketika membuka aplikasi ini, para pengguna yang disebut sebagai ‘Chef’, akan melihat berbagai fitur spesial yang dapat memudahkan penggunanya dalam mencari resep makanan.

Bagi para pecinta masakan Indonesia, kolom Jelajah Kuliner Nusantara dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kolom ini menyediakan berbagai Resep Masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Adapula kolom Kreasi Makanan Korea. Pokoknya resep makanan di aplikasi Yummy benar-benar lengkap.

Para chef yang ingin memanfaatkan bahan yang tersedia di kulkas tapi tidak tahu mau masak apa, dapat memanfaatkan Fitur memilih Bahan. Pada fitur ini chef bisa mencari resep masakan sesuai dengan bahan yang dimiliki. Caranya, chef hanya perlu memilih menu masak di aplikasi dan secara otomatis akan muncul pilihan berbagai bahan masakan.

Adapula kolom Resep Ide Jualan, Dijamin Laku. Kolom ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuka usaha makanan, tapi belum ada ide mau jualan makanan apa. Resep makanan di kolom ini sangat beragam, dari mulai makanan ringan hingga makanan berat, makanan khas Indonesia maupun makanan luar negeri.

Sementara itu, Filter Budget bisa menjadi solusi bagi chef yang ingin memasak makanan lezat dengan budget minim. Sebab, di filter ini chef dapat mencari resep sesuai dengan budget yang diinginkan.

Aplikasi Segudang Resep, dengan Ukuran Kecil

Siapa yang suka terkendala dengan memori penuh saat ingin mendownload aplikasi? Ini sih pengalaman aku banget.

Ga perlu khawatir, aplikasi Yummy tidak banyak memakan memori penyimpanan. Karena, aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 15 MB. Bagi aku pengguna android dengan memori yang minim, pastinya aplikasi ini keren, dengan segudang fiturnya yang lengkap dan tampilan yang menarik aplikasi ini hanya membutuhkan memori penyimpanan yang kecil.

Konten Menarik dan Mudah Dipahami

Ini nih yang paling aku suka. Kalau fiturnya sudah lengkap namun penjelasan tutorialnya sulit untuk dipahami menurutku percuma. 

Eitss, tenang dulu. Di aplikasi Yummy setiap tutorial memasak sangat mudah dipahami karena terdapat video yang dapat ditonton oleh para chef, ditambah dengan adanya deskripsi cara memasak, tentu semakin memperjelas tutorialnya. 

Perihal bahan-bahan yang digunakan dalam masakan juga tersedia dalam kolom deskripsi. Jadi, tak perlu repot rewind video, hanya untuk melihat bahan apa saja yang digunakan.

Ladang Rezeki



Yummy app bukan sekedar aplikasi yang membagikan resep saja, tapi dapat menjadi sumber rezeki bagi para penggunanya. Loh ko bisa?

Tentu saja bisa, karena beberapa fitur di Yummy App dapat menghasilkan point dan mendukung kreativitas pengguna dalam memasak. Contohnya dengan mengupload kreasi resep masakan. Apabila resep yang pengguna buat berhasil di publish oleh Tim Chef Yummy maka akan mendapatkan point yang dinamakan reedem. Perhitungannya 1 resep terpublish = 100 Yummy Point yang setara Rp 10.000.

Tidak hanya itu, pengguna dapat mengundang orang lain dengan kode referral. Nantinya baik pemilik kode referral dan pengguna kode tersebut akan mendapat 50 poin Yummy yang setara Rp 5000.

Jangan Lupa pakai Kode Referral aku ya !

cindy-novianty


Dari penjelasan ku di atas sudah kenal bukan dengan Yummy App. Aku merekomendasikan aplikasi ini bagi kamu yang sedang merasa jenuh atau memiliki hobi memasak. Sebab, aplikai ini memiliki banyak sekali keunggulan.

Setelah aku mendownload Yummy App aku mecoba membuat kreasi Bolu Pisang. Namun, sangat disayangkan topping coklat bolu pisang yang aku buat agak gosong. Ya wajar sih ketika memasak hasilnya tidak selalu mulus apalagi ini pertama kali membuatnya.


Daripada mengeluhkan segala hal yang belum terwujud, lebih baik gunakan waktu luang untuk tetap produktif. Salah satunya dengan memasak pakai resep dari aplikasi Yummy App. Semoga Bermanfaat !

Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition Yummy App.


Sumber:

Foto: Cindy Novianty

Desain Infografis: Cindy Novianty

You Might Also Like

0 comments